Berharap Pada UMKM Indonesia

22. February 2016 Bisnis 0

2016, Transaksi eCommerce di Indonesia Tembus Rp 68 Triliun.

Pada 2016 juga diprediksi akan ada 8,7 juta konsumen toko online.

Pak Rudiantara pernah ngomong di sebuah forum bahwa menurut beliau eCommerce di Indonesia diprediksi bakal berkembang pesat pada 2016 ini. Sebuah hal yang wajar, mengingat antusiasme masyarakat untuk melakukan transaksi secara online sangat besar pada tahun lalu.

Mulai menjamurnya bisnis ecommerce di Indonesia sebenarnya adalah angin segar bagi perekonomian di negara ini juga. Apalagi Indonesia ini memiliki warganegara yang doyan belanja dan ngemal. Apalagi ditambah dengan toko virtual yang berlimpah di social media maupun berbentuk website.

Kalau ngomongin soal ecommerce jadi ingat seminggu yang lalu saat meetup dengan seseorang di Semarang. Dia didaulat menjadi perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM Kota Semarang untuk menjadi koordinator seluruh UMKM yang terdaftar sebagai anggota di kota Semarang. Program kerjanya salah satunya adalah menjadikan UMKM di Semarang mulai untuk menapak berjualan secara online.

Bukan suatu kebetulan, karena omongan Pak Menkominfo Rudiantara menjadi semacam cambuk penyemangat bagi pelaku UMKM untuk selangkah lebih maju. Apalagi beberapa tahun belakangan ini pelaku raksasa ecommerce Indonesia dikuasai oleh pemain asing. Indonesia seakan hanya dijadikan sapi perah transaksi saja.

Edukasi, itu salah satu cara ampuh yang diperlukan dalam meningkatkan minat UMKM untuk bermain di ranah ecommerce dan berani bersaing dengan pemain dari luar. Karena bisa jadi selama ini mindset yang tertanam di benak pelaku UMKM tentang ecommerce belum sepenuhnya benar dan berkembang secara liar diantara mereka sendiri. Padahal UMKM Indonesia ini memiliki ribuan produk yang sangat potensial untuk dikembangkan dan dijual ke ranah umum.

Harapannya sih, transaksi yang triliunan itu sebagian besar masuk ke rekening UMKM lokal dan sisanya bisa diperebutkan oleh ecommerce dari luar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *