Apakah Kebanggaan Bisa Memberikan Kenikmatan?

17. April 2014 Catatan Ringan 0

pss-sleman-aleSuatu hari ada seseorang yang pernah berkata bahwa kebanggaannya kepada klub yang dia suka bakal dia pastikan melebihi apapun yang dia punya. Menurutku kalimat itu adalah kalimat dari seseorang yang hidupnya masih jauh dari yang namanya bayar SPP anak, bayar angsuran motor, bayar listrik bulanan, atau bahkan bayar KPR rumah. Sebuah kalimat yang tidak memiliki masa depan.

Ya, hanya orang yang masih selo dan piyambakan lah yang berani bersuara lantang tentang hal itu. Memang itu bukan kebanggaan semu, karena kemungkinan dia bisa membuktikan tentang kebanggaan yang dia kobarkan ke seluruh penjuru timeline di twitter sekalipun. Bisa dipercaya. Tapi seharusnya hal itu gak bakal keluar dari seseorang yang bahkan untuk menghidupi keluarganya pun masih butuh bantuan dari pihak lain.

Hanya orang-orang yang berani lah yang bisa meninggalkan hal yang (seharusnya) penting demi menonton sang kebanggaan bertanding hari itu. Bisa jadi nekat juga. Ya memang tipis sih perbedaan nekat dan berani itu. Apabila dia salah melangkah, bisa dipastikan hal yang penting itu buyar seketika dan menghancurkan masa depan dia dan keluarganya. Kalau aku sih ga berani.

Iya, aku juga sering menonton kebanggaanku bertanding walaupun cuman saat di kandang. Tapi yang aku lakukan adalah mengajak anak dan istri menonton bersama, bukan meninggalkan mereka. Akhirnya ya jadi semacam tamasya di stadion sih. Tapi tak mengapa, yang penting hal terpenting itu tidak ditinggalkan. Dan satu lagi, aku tidak pernah meninggalkan pekerjaanku. Itu satu hal penting lainnya selain keluarga. Iya, pekerjaan. Itu untuk menghidupi keluarga.

Mungkin ada beberapa yang bisa mengatasi hal itu, tapi biasanya gak bakal lama bertahan. Karena selama dia masih ketergantungan dengan hal-hal yang penting itu seharusnya dia gak berani untuk berbuat hal nekat dan berani di luar kehendaknya. Jadi, kamu termasuk orang yang mana?

Menurutmu, apakah kebanggaan bisa memberikan kenikmatan?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *