Hari Blogger, Jangan Berhenti NgeBlog

27. October 2011 Catatan Ringan 4

Hari ini adalah pestanya para blogger di seluruh Indonesia. Di timeline saya di twitter, banyak blogger yang mentwit pengalaman mereka ngeblog selama ini, termasuk saya tentunya.

Pertama kali ngeblog sih pada tahun 2001, ketika itu baru geocities yang kondang. Namun baru sekedar coba-coba dan belum memiliki ketertarikan.

Baru pada medio 2002-2003 ketika ada blogger.com mulailah saya  rajin menumpahkan curhatan di blog. Ya namanya juga pemuda labil di kala itu, isi blog kalo gak curhatan ya hal-hal yang berbau puitis. Namun gak terlalu aktif sih ngeblognya, maklum masih sibuk kuliah.

Pada tahun 2004 dikenalkanlah saya oleh seorang teman kepada yang namanya wordpress. Waktu itu saya langsung menggunakan wordpress dengan hosting sendiri, di IDwebhost tentunya, dan domain sendiri. Saya menggunakan domain maspher.id.or.id yang gratisan.

Dari situlah saya mulai aktif menuliskan banyak tulisan tentang pengalaman sehari-hari. Ngeblog yang paling mudah itu memang tentang kegiatan sehari-hari. Pada 2005 saya memutuskan pindah domain menjadi ferrywiharsasto.com yang tetap setia saya gunakan hingga hari ini.

Bahkan, saking senengnya ngeblog, pas 2006 ketika saya harus bekerja di Muara Tebo, Jambi yang sama sekali tidak ada warnet di kota itu, saya tetap menuliskan pengalaman lewat kertas. Tulisan baru dipindahkan ke blog 2 minggu sekali saat saya ke kota tetangga yang memiliki akses internet. Itu berlangsung selama 8 bulan lebih.

Pada 2007, ketika balik ke Jogja dan bekerja di kantor yang saya tumpangi hingga sekarang, saya diajak sama mas Ogik, yang kala itu terkenal dengan shoutbox oggix.com nya, untuk membuat buku yang isinya tutorial mempercantik blog dengan aplikasi-aplikasi tambahan. Alhasil, awal 2008 resmi buku “6 Jam Merias Blog” dirilis ke khalayak umum oleh penerbit Andi Publisher. Satu-satunya karya saya sebagai blogger hingga sekarang.

Gimana dengan ngeblognya sejak saat itu? Tetap aktif walaupun tidak serutin dahulu yang bisa seminggu sekali ngeblog. Sekarang paling cepat sebulan sekali, itupun juga belum mesti. Tapi setidaknya saya masih menganggap sebagai seorang blogger.

Kini, di tahun 2011, tepat sepuluh tahun perjalanan mengenal dan menulis di blog, saya sama sekali belum pernah ikutan kopdar blogger ataupun ikutan komunitas blogger. Sebuah kekurangan dalam perjalanan menjadi seorang blogger. Pantes aja susah jadi seleb blog pher!

Selamat Hari Blogger Indonesia. Semoga saya rajin ngeblog lagi ya.


4 thoughts on “Hari Blogger, Jangan Berhenti NgeBlog”

  • 1
    Sriyono Smg on October 30, 2011 Reply

    yuk ngebogggg… :)

  • 2
    latree on November 7, 2011 Reply

    hm…
    tuliskan tentang pengalamanku sekalian dong fer. aku lupa :D

  • 3
    KD on November 18, 2011 Reply

    wew baru tahu nih kalau pernah bikin buku. bisa di beli dimana tu mas :) salam ya..

  • 4
    anjrah university on February 29, 2012 Reply

    wakaka, semangat selalu para blogger mania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *