Hati-Hati di Jalan

04. August 2009 Catatan Ringan 5

Kemarin siang salah seorang teman kantor mengalami kejadian unik sekaligus menyebalkan baginya. Bahkan, dia yang orangnya kalem sampai emosi atas kejadian yang menimpanya itu.

Kejadiannya di dekat kantor Walikota Jogja. Teman yang menaiki motor dari arah selatan saat di perempatan balaikota dimintai tolong oleh seorang bapak paruh baya.

Beliau mengaku mobilnya (plat S) kehabisan bensin sementara dompetnya juga ketinggalan di rumah. Beliau minta tolong kepada teman saya untuk minta uang bensin 2 liter untuk nyampai ke rumahnya di daerah Bantul.

Sang teman yang merasa simpati mendermakan sebagian uangnya kepada si bapak. Diambillah uang dari dompet yang jumlahnya cukup untuk membeli bensin 2 liter lebih. Setelah itu, sang teman pamit dan melajukan motornya ke arah utara untuk makan siang bersama sang pacar.

Selang sejam, teman yang melewati jalan yang sama ternyata kembali menemukan si bapak masih meminta-minta ke orang lain. Bahkan, teman saya tersebut juga turut dimintainya kembali.

Merasa dibohongi, sang teman memarah-marahi si bapak dan mengancam akan melaporkan ke polisi. Karuan aja si bapak yang mungkin merasa takut bakal dilaporkan langsung pergi dari tempat itu dan melarikan mobilnya.

Kejadian itu bisa jadi pelajaran buat kita semua agar berhati-hati dalam menyedekahkan harta kita. Di perempatan-perempatan sudah banyak spanduk yang mengharuskan kita lebih baik mendermakan harta kita ke organisasi yang memang berkompeten untuk itu.

Kalau memang sudah terlanjur mengalami kejadian seperti itu lebih baik diikhlaskan dan anggap sudah beramal.


5 thoughts on “Hati-Hati di Jalan”

  • 1
    ervan on August 4, 2009 Reply

    pokok e kl ketemu orang kyk gt langsung sikat aja :D

  • 2
    Juminten on August 5, 2009 Reply

    tp giliran kita sendirinya yg mengalami kejadian seperti si Bapak (dlm artian bener2 butuh bantuan) dan ga ada yg nolongin, kasian jg kan? :(

    susah sih ya, jaman sekarang ada aja cara orang utk mencari duit. termasuk memanfaatkan simpati orang lain.

  • 3
    stop dreaming start action on August 25, 2009 Reply

    iya jaman sekarang kita harus selektif klo nolong orang… banyak yang ngaku2 butuh pdhl cuma nipu :(

  • 4
    wedding on August 30, 2009 Reply

    wah modus baru ya…
    repot juga niy…
    maksud hati nulung tp kok ya kena tepu
    smg yang kuasa akan membalas kebaikan temen sampean

  • 5
    escoret on September 6, 2009 Reply

    ceritanya bagus….cuman kok gambarnya kartun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *