Minal Aidin Wal Faidin

12. October 2007 Catatan Ringan 0

idul fitriIdul Fitri atau yang lebih beken dengan lebaran adalah hari raya umat Islam, yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi.

Pada tahun ini, Idul Fitri sudah memasuki tahun 1428 H yang di Indonesia dirayakan pada 2 hari yang berbeda, yakni pada 12 Oktober 2007 dan 13 Oktober 2007. Namun demikian, hal itu bukan menjadi masalah berarti karena itu merupakan wujud kemajemukan bangsa Islam Indonesia.

Umat Islam di Indonesia menjadikan Idul Fitri sebagai hari raya utama, momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga di kampung halaman. Saling maaf memaafkan adalah suatu ritual yang tidak pernah lepas dari hari raya Idul Fitri.

Segala dosa-dosa di hari lalu Insya Allah akan dilebur dan dihapuskan oleh Allah SWT pada hari yang fitri ini. Seluruh umat manusia dari muda hingga tua kembali ke fitrahnya dan suci kembali pada Idul Fitri ini.

Tanpa kecuali, saya Ferry Wiharsasto mengucapkan Minal Aidzin wal Faidzin Mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh teman-teman yang saya kenal. Semoga kalian mau memaafkan segala dosaku. Amien.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *