Morning Sickness

14. February 2008 Sekilas Info 4

Awalnya penasaran juga apa sih maksudnya? Morning sickness kalau diartikan adalah kesakitan di pagi hari. Dari namanya sih terlihat keren. Tapi ternyata tidak semua orang bisa mengalami morning sickness. Utamanya, wanita yang sedang hamil muda yang mengalami kondisi seperti itu.

Dalam istilah kebidanan, yang dimaksud dengan Morning Sickness adalah rasa mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan di trimester pertama (0-12 minggu). Sampai saat ini apa yang menjadi penyebab seorang wanita yang sedang hamil muda mengalami morning sickness masih belum diketahui. Tetapi, diduga karena pengaruh perubahan psikologis dan adanya pengaruh perubahan hormonal selama kehamilan.

Karena pengen tau lebih jauh tentang istilah yang “keren” ini, aku mulai cari-cari referensinya.

Meski sama-sama hamil, tetapi rasa mual yang dimiliki oleh tiap wanita berbeda. Ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, tapi ada juga yang merasa mual, bahkan ada yang sampai harus memerlukan pengobatan karena dia merasa sangat mual dan selalu muntah setiap saat.

Ada yang unik dari gejala morning sickness. Walaupun disebut sebagi morning sickness bukan berarti rasa mualnya hanya terjadi di pagi hari saja. Tetapi ternyata rasa mual dapat terjadi setiap saat, bisa malam, siang, ataupun setiap waktu. Aku udah membuktiin sendiri tentang yang ini.

Dari artikel-artikel yang kubaca, wanita yang mengalami mual-muntah menjadi sangat hebat yang mengakibatkan dia tidak dapat makan atau minum apapun juga sehingga dapat menimbulkan kekurangan cairan/dehidrasi dianjurkan segera menghubungi dokter yang ahli di bidang tersebut.

Aku sempat berpikir, “Kasihan bener ibu yang hamil ya. Tiap hari harus mual en muntah kayak gitu.” Tapi ternyata ada loh cara buat ngatasin morning sickness ini. Coba deh baca yang di bawah ini :

  • Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat
  • Perbanyak minum air
  • Perbanyak ngemil, seperti biskuit.
  • Gak boleh makan makanan berbumbu yang berasa dan berbau merangsang
  • Nyobain sarapan pagi di tempat tidur.
  • Sedikit makan tapi sering.
  • Dukungan keluarga, terutama suami.
  • Minum jahe.
  • Konsumsi vitamin B6 dan zat besi.
  • Istirahat yang cukup.

Akan sangat berbahagia apabila usia kandungan sang ibu melewati masa 12 minggu karena si morning sickness dengan sendirinya juga akan segera berlalu.

Subhanallah. Ada suatu rencana yang hebat dari Allah bagi keluarga yang merindukan si bayi di kandungan ibunya.


4 thoughts on “Morning Sickness”

  • 1
    oggix on February 14, 2008 Reply

    weeghehehhe, yang punya istri hamilll mudaaaa

  • 2
    thea on February 15, 2008 Reply

    Duuhhhh yang mau jadi Bapak, insyaAllah. Semoga lancar ya Pher

  • 3
    Ilma on February 21, 2008 Reply

    Senangnya.. Disyukuri ya fer. Duh,kpn aq nyusul yah :-P. Oya,selain morning sickness ada lg fer. Baby blues. Si ibu jd gmpng bgt nangis. Eh..sotoy nih :-P. Blm kucek kebenarannya,haha.

  • 4
    Free Desktop Wallpaper on June 2, 2008 Reply

    Nice!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *