Akhirnya, 10 Pelanggan Pertama!

10. May 2021 Startup 0
Akhirnya, 10 Pelanggan Pertama!

Di postingan sebelumnya aku menceritakan bagaimana pengalaman merintis startup dari nol. Berdasarkan pengalaman 13 tahun, untuk memastikan startup itu memiliki produk yang layak dijual atau tidak adalah dengan memvalidasi ide. Karena, validasi ide itu adalah sebuah prototipe awal perkembangan bisnis itu ke depannya untuk mendapatkan 10 pelanggan pertama dan seterusnya. Setidaknya itu yang aku yakini hingga saat ini.  

Namun, meskipun ide bisnis itu sudah valid dan diminati banyak orang, bukan berarti aku bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan. Tahapan selanjutnya adalah aku harus bisa memastikan sendiri 10 pelanggan pertama bisnis ini. Mengapa memastikan sendiri? Ya, karena sebagai pemilik bisnis dan produk kita harus terjun sendiri secara langsung dalam mencari pelanggan dan juga mengetahui keinginan masing-masing calon pelanggan. Kasarannya, aku harus menjadi sales awal untuk produkku sendiri.

Mengapa demikian? Gampangnya adalah apabila aku sendiri sebagai Co Founder tidak mampu mendapatkan pelanggan, trus bagaimana aku bisa mengajari sales yang akan kurekrut nantinya untuk menjual produk ini? Aku harus menjadi orang yang paling mengerti produk ini, aku juga yang harus memastikan kendala customer pertamaku terselesaikan. Jadi, mendapatkan 10 pelanggan pertama adalah harga mati yang harus diselesaikan oleh Co Founder sebelum melangkah ke jenjang selanjutnya, seperti merekrut sales ataupun marketing.

Saatnya Mempraktekkan Validasi

Karena sebelumnya aku sudah memvalidasi ide Kerjoo ini melalui Google Ads, maka saat mencari 10 pelanggan pertama pun aku juga menggunakan Google Ads. Toh sudah terbukti valid. Selain itu, aku juga mengontak ulang calon pelanggan yang nomor WhatsApp nya sudah kudapatkan saat memvalidasi ide sebelumnya. Aku dan Ana bergantian melakukan demo via zoom, menjelaskan melalui telpon, dan mengetik panjang lebar di WhatsApp. Bahkan di malam hari pun aku masih intens menjalin komunikasi dengan calon pelanggan yang tertarik. Tengah malam pun pasti aku kejar supaya closing.

Sekilas angka 10 itu terlihat sedikit. Tetapi nyatanya tidak. Banyak yang tertarik mencoba aplikasi absensi Kerjoo, tetapi banyak juga yang akhirnya tidak merespon WhatsApp dari kami. Dengan adanya free trial selama 14 hari untuk menggunakan aplikasi Kerjoo menjadi sebuah keunggulan bagi kami dalam merekrut calon pelanggan. Namun juga, hal itu yang membuat kami harus bersabar menunggu selama 14 hari untuk memastikan mereka mau berlangganan Kerjoo.

Bisa dibilang langkah yang kami lakukan di awal saat menjual Kerjoo ini sangat berbeda dibandingkan saat kami menjual produk-produk sebelumnya saat di JogjaCamp. Kali ini kami benar-benar mengucurkan keringat sendiri. Bertiga. Karena aku juga ingin meyakinkan sendiri ke calon pelanggan bahwa usaha kami ini layak untuk perusahaan mereka. Karena aku sendiri yang mendemokan ke mereka. Aku sebagai Co Founder dan CEO Kerjoo yang menelpon mereka. Bukan tim sales ataupun marketing.

Alhasil, setelah berjuang sebulan lebih sedikit akhirnya aku berhasil mengunci 10 pelanggan pertama Kerjoo! Nama mereka yang akan selalu aku catat sebagai 10 orang pertama yang percaya dengan aplikasi absensi Kerjoo. Mereka adalah 10 orang pertama yang akan membawa kami menuju ke 10 orang kedua, 10 orang ketiga, dan seterusnya. Bagi kami, 10 pelanggan pertama ini bukan saja sebagai pembuktian kami dalam membuat startup baru, tetapi juga sebagai langkah awal kami untuk mendapatkan 50, 100, atau bahkan ribuan pelanggan selanjutnya. 

Kesimpulan

Buat kalian yang ingin membuat startup lakukan saja. Tetapi pastikan ide bisnis kalian itu divalidasi terlebih dahulu agar tidak membuang waktu kalian dengan percuma. Mantapkan ide, lakukan riset, coba melihat respon pasar. Tahap selanjutnya adalah meyakinkan diri sendiri apakah ide yang divalidasi benar-benar dibutuhkan orang banyak atau tidak. Karena kalau sudah valid, mendapatkan 10 pelanggan pertama itu bukan hal yang sulit. Nanti juga tahu!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *